Menu Router dan Gerber File pada Eagle ver 5.10

III. MEMBUAT RUTE RANGKAIAN PCB 

Sekarang kita telah menyelesaikan skematik, kita siap untuk menggunakan board tool. Dari editor skematik, klik pada board tool di toolbar atas. Klik Yes saat diminta membuat papan dari skema. Anda sekarang harus melihat jendela yang menunjukkan paket dari semua bagian dari skema Anda (dengan koneksi) dan sebuah persegi panjang putih besar (ini adalah garis besar dari PCB). Berikut tampilan awal pada board :

Gb. 3.1 Tampilan Board

STEP 1: Memindahkan komponen pada area kerja

Gunakan Move tool untuk menempatkan bagian-bagian di dalam garis putih. Setelah Anda memiliki bagian-bagian Anda rapi terorganisir dan dalam area terbatas, Anda ingin juga mengecilkan ukuran papan. Hal ini bisa dilakukan lagi dengan move tool dengan mengklik kiri tepi garis besar PCB. Setelah selesai dengan langkah ini, board harus terlihat seperti di bawah ini.

Gb. 3.2 Memindahkan Komponen

Salah satu keuntungan utama software ini adalah fungsi autorouter. Alat ini digunakan untuk secara otomatis melakukan routing semua koneksi ditampilkan pada forum Anda. Sebelum kita mulai autorouter, kita harus menentukan beberapa aturan desain.

Pilih Edit => set Desain dan kemudian klik pada Ukuran. Menentukan lebar minimum dari setiap rute akan membantu meningkatkan peluang sebuah board penuh routed saat menggunakan alat autorouter. Hal ini terutama penting jika Anda bekerja dengan paket permukaan terpasang. Ini juga tergantung pada PCB yang anda manufaktur (misalnya AP Sirkuit hanya dapat mengarang papan dengan lebar rute 7 mil). Untuk saat ini, mari kita tetap ini pada 10 mil dan klik OK.

STEP 2: Melakukan Setting (Pengaturan) pada AutoRoute

 Sekarang kita siap untuk menggunakan autorouter tersebut. Waktu-klik pada tombol autorouter di bagian bawah toolbar di sebelah kiri. Anda akan diminta dengan jendela di bawah ini. Pastikan untuk mencocokkan pilihan Routing Kotak dengan yang ditentukan sebelumnya. Klik OK untuk memulai proses autorouting.

Berikut ini adalah tampilan pada setingan autorute:

Gb. 3.3 Setting Autoroute

*catatan:

Auto routing dilakukan pada rangkaian yang bersifat rumit jika rangkaian masih cukup sederhana maka kita dapat melakukan routing secara manual.

STEP 3: Menyelesaikan proses Autoroute 

Jika proses router berjalan dengan baik maka perhatikan bacaan bahwa optimized 100% finished. Berikut tampilan output yang memperlihatkan bahwa router telah selesai:

Gb. 3.4 Tampilan Akhir Autoroute

 

 IV. MEMBUAT GERBER FILE DAN MENCETAK BOARD PCB

Langkah terakhir dalam menyelesaikan Anda desain PCB adalah untuk menghasilkan file Gerber. file ini adalah yang digunakan oleh perusahaan untuk merancang PCB. Langkah pertama untuk menciptakan file Gerber adalah untuk memulai Processor CAM dengan mengklik tombol CAM di toolbar atas. Anda akan melihat jendela berikut muncul.

Gb. 4.1 Tampilan CAM-process

             Setelah kita memilih CAM-process kita bisa melihat tampilan seperti berikut ini:

Gb. 4.2 Tampilan CAM-process memilih bentuk file

Pertama,jika Anda ingin mengubah Device untuk Gerber_RS274X. Berikutnya berdasarkan tabel di bawah, masukkan ekstensi file di kotak File dan pastikan lapisan sesuai yang disorot di kotak di sebelah kanan. Kemudian pilih Proses Kerja untuk menghasilkan file yang sesuai. Ulangi ini 4 kali untuk setiap file yang tercantum dalam tabel di bawah ini.

Tabel 4.1 exstensi proses kerja yang dirubah

Langkah terakhir adalah untuk membuat file bor NC. Ubah Device untuk Excellon dan mengubah lapisan Mesin Bor dan Lubang pada dan segala sesuatu pergi. Ketik NCD di kotak file. Dan pilih Proses Kerja. Ini melengkapi langkah terakhir desain PCB. Anda sekarang memiliki semua file yang diperlukan untuk mengirim papan Anda ke fabrikasi!

Langkah pembuatan file gerber diatas adalah saat kita tidak akan mencetak rangkaian board sendiri. Namun jika kita akan mencetak file tersebut sendiri maka hal yang kita lakukan yaitu mencetak board diatas pada PCB print paper. Beberapa langkah yang dilakukan yaitu:

Memilih file àprint, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pada tampilan tersebut kita dapat memilih posisi pengeprintan, mirror dsb. 

Gb. 4.4 Tampilan Print file

 

Sh@:

That I have understand ’bout Eagle ver 5.1 hope will be usefull for me and all of readers…*_*..

Comments
4 Responses to “Menu Router dan Gerber File pada Eagle ver 5.10”
  1. cahya says:

    wah.. iseng-iseng searching google tentang mikro, ternyata ada blog nya mbak lyn.. hehe
    terimakasih mbak..
    bisa membantu buat ngrjain laporan mikro..
    hehehe

    izin download gambar-gambar nya yaa mbak..

    • prasetyalynn says:

      thanks…
      sembari di koreksi ya cy, masih sangat jauh dari kata sempurna…it’s just for fun

      kalo ada yang mau di tambahin or d share juga bole2….

      monggo di sruupputtt gan gambar or data2nya..:))

  2. Galuh says:

    kk, misalnya saya mau buat pcb ukuran 8 x 15 cm, nah biar pas diprint ukurannya bener2 segitu gimana ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Trying To Be Consisten

    Let's make your self consistance in over view, and carefuly in manage emotion..:))

  • Thank You

    I just wanna say thank to every people surround of me who gave me many new knowledge that build my mature...^-^
  • Sorry ….

    I am sorry for every mistake I made in every time I passed away...
  • Please Help Me…

    I am a beginer in a writing a blog need too many your help as a reader by leave your comments here. Your comments will be an equipment to build my knowledge.
%d bloggers like this: