Komunikasi Data

KOMUNIKASI DATA

Istilah data yang digunakan pada buku ini berarti  informasi yang  disajikan dengan isyarat digital biner. Transmisi data berarti pengiriman data antara dua komputer atau antara sebuah komputer dengan terminal. CCITT(consultative committee international telephonic and telegraphy) yang sekarang dikenal  ITU-T(international telecommunications union – telephony) menyebut terminal sebagai piranti  terminal data (data terminal equipment = DTE). Jenis komputer dalam suatu jaringan data terdiri dari satu atau lebih komputer mainframe, atau host komputer, komputer-komputer mini dan komputer mikro.

Tugas utama suatu computer dalam system jaringan adalah memproses dan menyimpan data, dan menghasilkan keluaran untuk periode waktu tertentu, misalnya mingguan atau bulanan. Data disiapkan dan diolah dengan system batch, sehingga operasi ini disebut pengolahan batch(batch processing). Pada tahun-tahun terakhir, aplikasi komunikasi data menjadi lebih umum, termasuk diantaranya :

a)      Pengecekan kartu kredit secara online

b)      Pemindahan dana dari satu bank ke bank lain secara elektronis

c)       Mesin pembayaran otomatis (automatic telling machines = ATM)

d)      System penjualan elektronis

e)      Electronic mail

f)       System teks video seperti Prestel

g)      System faksimil

h)      Pengolahan transaksi

Kendala yang perlu diperhatikan dalam system komunikasi data adalah :

a)      Waktu tanggap system : ukuran kecepatan operasi system, misalnya ATM

b)      Throughput : ukuran beban dari system tersebut, yaitu prosentase waktu yang diperlukan untuk mengirim sejumlah pesan melewati sambungan tersebut

c)       Factor manusia

Jenis – jenis terminal :

1)      Jaringan area local (LAN = Local Area Network), Komunikasi antar terminal yang berdekatan

2)      Jaringan telepon umum(public switched telephone network = PSTN), komunikasi antar terminal yang letaknya lebih jauh

3)      Jaringan data paket umum(public switched data network = PSDN)

Keuntungan : pada saat penggunaan mengirimkan data dalam jumlah yang tidak terlalu besar melewati jalur yang padat dan kesuatu tempat yang berjarak sangat jauh, khususnya pada jam – jam sibuk.

4)      Private network

PENGIRIMAN SERI DAN PARALEL

      Didalam system computer, karakter-karakter disajikan dalam bentuk data yang terdiri dari sederetan angka biner, atau bit. Setiap bit hanya bernilai biner 1 atau biner 0. Pemindahan, penyimpanan dan pengolahan data didalam computer atau mikroprosesor, dapat dikeerjakan berdasarkan atas operasi 8-bit, 16-bit, atau 32-bit.

     Pada cara pengiriman parallel, bit – bit yang membentuk karakter dikirimkan secara serempak melewati sejumlah penghantar yang terpisah, seperti terlihat pada gambar bagan diatas pada saat computer mempunyai data untuk dikirimkan, jalur data tersedia (DAV) diset tinggi. Pada saat terminal siap menerima data, jalur data diterima(DAC) juga akan diset tinggi. Prosuder handshaking ini selalu terjadi setiap kali ada karakter yang dikirim computer.

     Biaya penggunaan kabel banyak penghantar (multiconductor cable) relatif tinggi, dan masalah yang disebut skew. Skew adalah efek yang terjadi pada pengiriman sejumlah bit secara serempak dan tiba pada tempat yang dituju dalam waktu yang tidak bersama-sama.

Pengiriman seri biasanya digunakan sambungan  dengan jarak relatif lebih jauh, dan gambar 1.3 menunjukan konsep dasar pengiriman seri. Data paralel internal dimasukan ke pengubah paralel ke seri.pengubah paralel ke seri biasanya dengan IC juga melakukan sejumlah fungsi yang lain dan dikenal sebagai UART, VART, ACIA, PIA. Kanal seri mengirimkan setiap karakter per elemen sehingga hanya diperlukan dua penghantar, yaitu kirim data (TXD), dan terima data (RXD).

 Pengiriman seri menimbulkan tiga masalah penyesuaian :

  1. Penyesuaian bit
  2. Penyesuaian karakter
  3. Penyesuaian blok

Agar diterima dengan benar, selang waktu yang digunakan oleh pengirim dan penerima harus sama satu terhadap yang lain. Untuk itu pengiriman dan penerimaan harus menambahkan detak. Istilah detak (clok) digunakan untuk menunjukan sembarang pulsa sumber pewaktuan (timing pulse). Detak penerima harus menunjukan waktu yang tepat kapan isyarat harus dicacah oleh penerima untuk menentukan status logika dari setiap bit yang diterima. Seperti pada Gambar 1.4, pulsa detak penerima harus terjadi ditengah-tengah periode waktu yang diperlukan oleh bit yang diterima.

PENGIRIMAN DATA TAK SINKRON

Pada pengiriman data tak sinkron, setiap karakter dikirimkan sebagai satu kesatuan (entity) bebas, yang berarti bahwa waktu antara pengiriman bit terakhir dari sebuah karakter dan bit pertama dari karakter berikutnya tidak tetap. Pengiriman data tak sinkron lebih sederhana  dibandingkan pengiriman sinkron, karena hanya isyarat data saja yang dikirimkan. Pada keadaan tidak berfungsi, pengirim akan mempertahankan tegangan jalur pada aras biner 1 dan detak penerima dihentikan. Pada saat pengirim mempunyai karakter untuk dikirim, pertama kali pengirim akan mengubah tegangan jalur menjadi aras biner 0, disebut bit awal, selama periode waktu satu bit setelah itu bit dari karakter tersebut dikirimkan.

Bentuk gelombang dari isyarat yang menggunakan penyesuaian awal-akhir disajikan pada gambar 1.5. bit awal dan bit akhir tidak membawa informasi, tetapi hanya menunjukan awal dan akhir setiap karakter. Dari gambar 1.5 dapat dilihat bahwa bit ke delapan disebut bit paritas. Bit ini akan dipasang pada 1 atau 0 untuk meyakinkan cacah bit 1 pada setiap karakter adalah genap untuk paritas genap, atau ganjil untuk paritas ganjil. Sehingga setiap karakter mempunyai panjang 10 bit.

Efisiensi system tak sinkron tidak begitu tinggi, karena hanya 7 dari 10 bit yang dikirimkan berisi informasi yang sungguhannya. Istilah anisochronus dipakai untuk menunjukan ke suatu kanal yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data tetapi tidak dapat melakukan isyarat perwaktuan (timing signal).

Jika detak penerima bekerja pada kecepatan yang berbeda dengan detak pengirim akan terjadi kemungkinan penerima tidak menerima setiap bit yang dikirim oleh pengirim. Jika detak penerima sedikit lebih cepat dari pengirim, penerima akan mengambil sampel data yang datang lebih cepat.

Pengiriman tak sinkron banyak dipakai karena sederhana dan murah. Tetapi hanya cocok untuk rangkaian data berkecepatan rendah karena dua alasan, yaitu :

  1. Efisiensi  pengiriman menjadi berkurang dengan bertambah panjangnya kabel
  2. Detak penerima yang bekerja bebas hanya akan memenuhi persyaratan sinkronisasi apabila bekerja pada kecepatan rendah

 

KECEPATAN PENGIRIMAN DATA

Kecepatan pengisyaratan data (data yang signaling speed) adalah kecepatan pengiriman informasi lewat sirkit dan dinyatakan dengan satuan bit/detik.

Untuk pengiriman seri :

Kecepatan pengisyaratan data = log2n / Tbit / detik

Dengan n adalah cacah kondisi pengisyaratan dan T adalah durasi bit. Jika hanya terdapat dua kondisi pengisyaratan, 1 dan 0 maka n = 2, dan kecepatan pengisyaratan data adalah = 1/T bit/detik.

Kecepatan modulasi adalah kecepatan perubahan status logika pada untai dan berbanding terbalik dengan durasai bit, satuan kecepatan modulasi adalah baud.

 

BIAS DISTORSI

Prosentasi bias distrosi = (T1 – T2) / [(T1 + T2)] . 100%

Dengan T1 dan T2 adalah durasi dari pulsa biner 1 dan pulsa biner 0.

KESALAHAN BIT

Transisi data dalam bentuk gelombang yang diterima cenderung bergeser dari posisi idealnya. Efek ini disebut bit jitter.

Bit jitter = tmax – tmin

LAJU KESALAHAN BIT

Pada setiap pencacahan , penerima harus menentukan apakah bit yang diterima adalah bit 1 atau 0, dan ini dipengaruhi  oleh bentuk gelombang yang diterima. Dengan kata lain, semakin banyak derau dan tegangan penggangguanya, kemungkinan adanya kesalahan pada isyarat yang diterima semakin besar. Laju kesalahan bit (LGB) didefinisikan sebagai :

LGB = 14 cacah bit yang diterima salah Cacah bit total ‘>

Daftar Pustaka:

Green,DC.2002.Komunikasi Data.ANDI.Jakarta:Indonesia

Penampakan Buku:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Trying To Be Consisten

    Let's make your self consistance in over view, and carefuly in manage emotion..:))

  • Thank You

    I just wanna say thank to every people surround of me who gave me many new knowledge that build my mature...^-^
  • Sorry ….

    I am sorry for every mistake I made in every time I passed away...
  • Please Help Me…

    I am a beginer in a writing a blog need too many your help as a reader by leave your comments here. Your comments will be an equipment to build my knowledge.
%d bloggers like this: